• icon(0729) 7081112
  • iconinfo@umpri.ac.id
  • iconJln. KH. Ahmad Dahlan No. 112 Pringsewu

Baitul Arqom Mahasiswa Awal Studi UMPRI 2022

Blog Details

Baitul Arqom Mahasiswa Awal Studi UMPRI 2022
BAMAS atau Baitul Arqom Mahasiswa Awal Studi adalah kegaitan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Pringsewu melalui Lembaga Pendidikan Pembinaan dan Pengembangan Al Islam Kemuhammadiyah (LP3AIK). Kegiatan ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru di awal masa kuliah..
“ Ketua Panitia Nihayati, M.Pd.I melalui Hasbullah M.Pd.I selaku Master of Training Bamas menyampaikan, kegiatan dibagi menjadi 3 tahap, tahap pertama tanggal 20-21 September 2022 untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Tahap ke 2, tanggal 26-27 untuk Fakultas Kesehatan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Syariah dan Fakultas Ilmu Komputer, dan Tahap ke 3, tangggal 01 Oktober 2022 khusus untuk para Mahasiswa konversi, dengan jumlah peserta sebanyak 864 orang Mahasiswa. Sementara mahasiswa ners sebanyak 425 orang tidak diwajibkan mengikuti program Bamas. Lebih lanjut ketua panitia Bamas menyampaikan, Bamas tahun akademik 2022/2023 kali ini mengangkat tema “Kader Muda Muhammadiyah untuk Umpri Berkemajuan”,
“Untuk mewujudkan tema tersebut peserta diberikan 9 materi inti kegiatan. Kegiatan dilakukan secara luring di gedung Graha Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Pringsewu dari pukul 08.00 sampai dengan 17.00 dan dilanjutkan secara daring dari pukul 20.00 hingga 21.30, dan 03.00 – 06.30 di tempat masing-masing peserta. Selain narasumber, kegiatan ini juga dipandu oleh para mentor, yakni para mahasiswa Umpri yang sudah diseleksi oleh lembaga LP3AIK. Lebih jauh ketua panitia juga berharap, kegiatan Bamas ini dilaksanakan dengan harapan kegiatan ini nantinya dapat melahirkan kader-kader muda Muhammadiyah yang dapat memberikan kontribusi nyata untuk nusa dan bangsa.
Drs. Wanawir Am, M.M., M.Pd selaku Rektor Umpri saat pembukaan menyampaikan bahwa kegiatan Bamas ini adalah kegiatan yang menjadi ciri dan pembeda dari perguran tinggi yang lain, sebuah kegiatan yang sangat penting untuk bekal kehidupan bagi peserta di dunia dan akherat, karena bukan hanya terkait ilmu-ilmu dunia saja namun juga ilmu untuk bekal akherat. Selain Bamas, Mahasiswa diakhir studinya nanti juga diwajibkan mengikuti Bapus atau Baitul Arqom Purna Studi, harapannnya ke depan para mahasiswa dapat tetap menerapkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam kehidupan mereka setelah lulus. Sebagai Rektor Umpri, beliau juga berpesan kepada para mahasiswa baru agar selalu menghilangkan perasaan malas, mahasiswa harus memiliki semangat dan daya juang yang tinggi dalam menuntut ilmu, sehingga dapat menjadi kader-kader muda Muhammadiyah yang selalu menumbuhkan semangat dan berkemajuan. (Pub. Dok BAMAS 2022)

Komentar (0)

Tinggalkan Komentar