• icon(0729) 7081112
  • iconinfo@umpri.ac.id
  • iconJln. KH. Ahmad Dahlan No. 112 Pringsewu

UMPRI GELAR PENYAMBUTAN MAHASISWA PMM 3 TAHUN 2023

Blog Details

UMPRI GELAR PENYAMBUTAN MAHASISWA PMM 3 TAHUN 2023
UMPRINEWS– Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) Lampung kembali akan menjadi Perguruan Tinggi Pelaksana Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 tahun 2023. Hal ini diadakannya kegitan penyambutan mahasiswa PMM 3 tahun 2023 di UMPRI yg di ikuti oleh 28 mahasiswa dari 15 perguruan tinggi di indonesia dengan 6 program studi yg di pilih di UMPRI dengan seleksi dari kemetrian pendidikan dan kebudayaan ristekdikti pada kegiatan MBKM. Senin (11/09/2023).
Hadir juga dalam kegitan penyambutan mahasiswa PMM 3 tahun 2023 Rektor Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung Ns. Arena Lestari, M.Kep., Sp.Kep.J., Ph.D., Wakil Rektor 2 Ns. Asri Rahmawati, M.Kep., Wakil Rektor 3 UMPRI Fatoni, S.E., M.M. Wakil Dekan FKIP Nur Faizal, M.Pd., Dekan FEB Sapto Yuwono, S.Pd., M.M., Dekan FKES Elmi Nuryati, M. Epid., Ph.D., Dekan FKIP Rahma Faelasofi, M.Sc. Kepala Program Studi dan Kepala Lembaga di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Pringsewu. Ucap. Siti Khoiriyah.
“Tahun ini UMPRI kembali menjadi salah satu perguruan tinggi penerima mahasiswa PMM 3 Tahun 2023. Kita akan menerima mahasiswa dari seluruh Indonesia yang akan menghabiskan 1 (satu) semester menempuh pendidikan di berbagai program studi di UMPRI. Selain itu juga mereka akan menjalani rangkaian kegiatan dengan fokus menciptakan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial bagi mahasiswa melalui Modul Nusantara. Ungkap Siti Khoiriyah.
Dalam sambutannya Rektor UMPRI Ns. Arena Lestari, M.Kep., Sp.Kep.J., Ph.D. menuturkan bahwa Penyelenggaraan pendidikan tinggi merupakan bagian tidak terpisahkan dari penyelenggaraan pendidikan nasional. Sesuai amanat Pasal 31 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Perguruan tinggi berperan strategis dalam meningkatkan kemampuan dan daya saing bangsa dengan menghasilkan modal sumber daya manusia Indonesia yang cerdas, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cakap, kreatif, inovatif, mandiri yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut ditengah tantangan diperlukan adanya kerjasama antar perguruan tinggi. Tuturnya.
Arena juga menegaskan bahwa Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah salah satu dari delapan program MBKM. Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan pertukaran mahasiswa dalam negeri yang mempertukarkan mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi se-Indonesia. Pertukaran Mahasiswa Merdeka bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan keahlian mahasiswa yang mampu berteman dengan beragam latar belakang untuk meningkatkan persatuan dan nasionalisme, memberikan pengalaman belajar di perguruan tinggi lain untuk memperkuat dan/atau memperluas kompetensi akademik mahasiswa, serta memberikan pengalaman kebinekaan melalui pelaksanaan Modul Nusantara. Tegasnya.
Ia juga menyampaikan Dengan turut berpartisipasi dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini, maka implementasi pola ilmiah pokok Kebudayaan akan dapat diperluas sehingga mahasiswa UMPRI maupun mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dapat saling mengenalkan budaya, mengembangkan toleransi dan mencintai keberagaman serta memiliki kesadaran bersama bahwa kita adalah satu kesatuan Negara Indonesia. Sehingga Visi UMPRI Terwujudnya Universitas Unggul, Islami, Dinamis, Dan Berorientasi Global akan tercapai.Tutupnya.(UC)

Komentar (0)

Tinggalkan Komentar