• icon(0729) 7081112
  • iconinfo@umpri.ac.id
  • iconJln. KH. Ahmad Dahlan No. 112 Pringsewu

UMPRI Menggelar Workshop Tax Center 2021

Blog Details

UMPRI Menggelar Workshop Tax Center 2021
Kegiatan workshop bertema “UMKM Bangkit Pringsewu Tunbuh” dilakukan selama 4 hari, yaitu 7 - 10 September 2021. Kegiatan di hadiri oleh Kepala KPP Pratama Natar, Kepala KP2Kp Pringsewu, Kepala Dinas Koperindah Kabupaten Pringsewu dan 60 pelaku usaha UMKM dari Kabupaten Pringsewu. Kegiatan hari pertama dilakukan secara daring sekaligus membuka kegiatan workshop secara resmi oleh Bapak Rektor Universita sMuhammadiyah Prigsewu. Hari kedua dilakukan secara tatap muka langsung dengan fokus pelatihan perijinan menggunakan OSS (Online Single Submission). Sedangkan hari ketiga fokus pelatihan pada digitalisasi marketing melalui media sosial, dan hari keempat fokus pada pelatihan keuangan UMKM dan Pajak. Tuturnya.
Latar belakang di adakan workshop ini adalah dampak yang sangat besar dari pandemi terhadap perekonomian nasional. Namun, pandemi saat ini tidak bisa di jadikan asalan untuk tidak mempu meneruskan usaha.Pringsewu sebagai kota dengan jumlah UMKM sangat banyak yaitu 9.700 UMKM di tahun 2020. Mempunyai potensi ekonomi yang sangat besar. Namun, di sisi lain kontribusi UMKM terhadap PDRB (Produk Domestik Bruto) Kabupaten Pringsewu masih minimal.Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk menaikkan kemampuan UMKM dalam mengelola usaha atau membuat UMKM Naik Kelas. Usaha ini, bukan tanggung jawab pemerintah semata namun juga perguruan tinggi sebagai bentuk pengandian kepada masyarakat. Pungkasnya.
Tax Center Universitas Muhammadiyah Pringsewu berkomitmen untuk menjadi mitra pemerintah dalam melakukan pendampingan kepada UMKM agar kontribusi mereka terhadap pendapatan daerah semakin besar.Workshop yang kami buat di wakili oleh Tax Center berkaitan dengan pembuatan ijin Nomer Induk berusaha (NIB) melalui aplikasi OSS, pelatihan digital marketing serta keuangan dan pajak. Diharapkan output kegiatan ini adalah UMKM memiliki ijin dan mampu menggunakan digital dalam melakukan pemasaran serta mempunyai pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan dan pajak yang terkait dengan UMKM.Harapan kami kedepan, adalah terbentuk sinergi antara pemeritah, universitas dan pihak swasta yang di wakili oleh UMKM untuk terwujudnya Pringsewu yang tumbuh dan mandiri. Tegasnya.(Umpri Centre).

Komentar (0)

Tinggalkan Komentar